https://betwin188.online/

4 Daftar Hoax Seputar Kecelakaan Pesawat Lion Air JT-610

Dilansir betwin188 Peristiwa kecelakaan pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT-610 kemarin jelas menyisakan duka yang sangat mendalam, terutama bagi keluarga penumpang yang hingga kini masih menunggu kepastian. Seluruh pihak yang bertugas masih terus melakukan pencarian baik puing-puing pesawat, barang-barang penumpang, maupun tubuh korban di lokasi jatuhnya pesawat. Saat artikel ini ditulis, terhitung sudah ada 24 jenazah yang berhasil dievakuasi petugas gabungan.

Masih simpang siurnya informasi karena proses pencarian yang memang masih berlangsung ini, membuat tidak sedikit orang penasaran dengan segala informasi terkait kecelakaan pesawat tersebut. Keinginan untuk terus update informasi terbaru inilah yang jadi ‘lahan basah’ bagi sebagian orang untuk menyebarkan berita-berita tidak benar lewat media sosial. Di sini, Hipwee News & Feature telah merangkum 4 hoaks seputar kecelakaan pesawat Lion Air yang tentunya sudah dikonfirmasi pihak berwenang bahwa itu cuma bohong belaka. Simak deh uraiannya!

1. Beredar video di dalam pesawat yang katanya diambil saat detik-detik pesawat akan jatuh. Kondisi lampu di dalam kabin mati dan orang berteriak histeris
Sebuah video berdurasi 45 detik itu menampilkan situasi gawat yang terjadi di dalam kabin pesawat. Lampu tampak padam, dan seluruh penumpang teriak histeris. Doa-doa tak henti dilantunkan. Video yang viral itu katanya diambil di dalam pesawat Lion Air JT-610 saat akan jatuh. Padahal informasi itu sama sekali tidak benar. Ketua Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, sudah mengklarifikasi lewat akun Twitter pribadinya. Katanya itu bukan pesawat Lion Air yang jatuh kemarin (29/10) melainkan pesawat Lion Air JT-353 rute Padang-Jakarta saat mengalami turbulensi turbulensi beberapa waktu lalu. Saat itu seluruh penumpang selamat tanpa kekurangan satu apapun.

2. Selain video ada juga foto selfie seorang pria dan wanita yang tampak memakai masker oksigen di dalam pesawat. Foto ini viral karena katanya mereka ada di dalam pesawat Lion Air yang jatuh
Tak hanya video, ada juga foto selfie pria dan wanita yang memakai masker oksigen. Foto itu sedikit buram, mungkin memang sedang diambil saat lagi ada goncangan. Lagi-lagi foto ini dikaitkan dengan kecelakaan pesawat Lion Air kemarin. Padahal faktanya mereka adalah penumpang pesawat Sriwijaya ketika terjadi turbulensi. Seluruh penumpang dan kru yang bertugas juga dilaporkan selamat. Menurut salah seorang netizen, dalam foto itu sebetulnya sudah bisa diketahui itu hoaks atau bukan, yakni dari kain putih yang menyelimuti bagian belakang kursi penumpang. Katanya kursi pesawat Lion Air tidak memakai kain putih seperti itu.

3. Di Facebook juga ada yang menyebarkan video detik-detik pesawat jatuh ke laut, yang katanya diambil oleh nelayan di sekitar.
Sebuah video yang sepertinya diambil dari kamera HP ini, viral karena di bagian bawahnya tertera tulisan “Detik jatuhnya pesawat Lion Air”. Video itu sontak mengundang ratusan ribu penonton serta komentar-komentar. Banyak orang yang kemudian percaya, lalu menyebarkannya ke linimasanya sendiri. Apakah kalian tahu? Video itu ternyata juga hoaks lho. Hal ini sudah dikonfirmasi oleh Komunitas Masyarakat Anti Fitnah, @TurnBackHoax, lewat akun Twitternya. Katanya itu adalah tayangan saat Ethiopian Airlines Flight 961 kehabisan bahan bakar, tahun 1996.

4. Ada juga foto viral yang katanya bangkai pesawat Lion Air JT-610, terapung di tepi perairan. Badan pesawat cuma terlihat tinggal setengah
Terakhir (semoga benar-benar jadi yang terakhir), ada foto bangkai pesawat terapung di tepi perairan. Tubuh pesawat yang tinggal setengah itu terlihat seperti sedang dievakuasi. Menurut info yang beredar, bangkai tersebut adalah milik Lion Air JT-610 yang jatuh kemarin di Perairan Karawang. Padahal, berdasarkan klarifikasi Sutopo, lagi-lagi itu cuma hoaks. Foto itu adalah bangkai pesawat Lion Air JT-904 yang mengalami gangguan di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali tahun 2013 lalu.

Saat-saat genting memang sering jadi sarang hoaks. Lewat akun Twitternya pula, Sutopo mengimbau agar masyarakat tidak gegabah dalam menyebarkan informasi yang belum tentu benar. Apalagi yang terkait foto-foto jenazah. Please, hormatilah keluarga korban yang sedang berduka. Kalau kamu jadi penerima, tak perlu disebarkan lagi, cukup #StopDiKamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *